Selamat datang

SELAMAT DATANG DI BLOG SAYA SEMOGA ADA MANFAATNYA...

2010-10-27

Tanaman Berkhasiat

BERAS KETAN HITAM
Khasiat beras ketan hitam sangat manjur bagi penderita penyakit Maag bertahun (tahunan). Caranya beras ketan hitam bagi yang cocok, ketan hitam  diambil 1/4 kg, cuci dan keringkan. Goreng tanpa minyak (sangrai) sampai masak, angkatlah.
Tidak usah tumbuk sampai halus seperti tepung. Asal bisa di kunya seperti makan cemilan tiap hari. Satu sendok berasketan hitam  setiap hari sampai rasa sakit berkurang.
PAntangannya: – Jangan makan ikan bakar
Selamat mencoba


LIDAH BUAYA

Tanaman Lidah Buaya mempunyai kandungan antara lain aloin, barbaloin, isobarbaloin, aloe-emodin, aloenin, aloesin
Khasiat untuk pengobatan
1) Penyubur rambut
Ambillah daun lidah buaya segar secukupnya dan dibelah. Ambil daging daun yang seperti agar-agar dan digosokkan ke kulit kepala. Selanjutnya rambut dibungkus dengan kain dan biarkan beberapa saat agar meresap ke kulit kepala sebelum dicuci.
2) Mengobati rambut yang mudah rontok
Siapkan daun lidah buaya 40 g, daun mangkokan 20 g, daun waru muda 20 g, dan minyak kemiri 50 ml. Tumbuk semua daun tersebut hingga halus. Hasil tumbukan dicampur dengan minyak kemiri. Ramuan ini ditempelkan ke kulit kepala. Biarkan selama beberapa waktu (lebih lama lebih baik) sebelum dicuci.
3) Luka bakar atau tersiram air panas yang ringan
Tempelkan daging daun ke bagian tubuh yang sakit.
4) Bisul
Daging daun lidah buaya ditambah garam dan ditempelkan pada bisul.
5) Kencing darah
Petik 15 g daun lidah buaya segar. Peras dan ambil airnya. Tambahkan 30 g gula dan sedikit air beras sebelum diminum.
6 ) Wasir
Siapkan 1/2 daun lidah buaya. Buang durinya lalu dicuci bersih. Parut daun tersebut dan tambahkan 1/2 cangkir air matang dan 2 sendok makan madu. Aduk rata campuran tersebut, lalu disaring. Dengan minum ramuan ini sehari 3 kali diharapkan wasir segera sembuh.
7) Siphylis
Potonglah bunga lidah buaya. Rebus dengan daging dan sedikit air. Air rebusan lalu diminum.

DAUN JAMBU BIJI

Khasiat untuk pengobatan
1) Diare
Daun jambu biji segar seberat 30 g, ditambah segenggam
tepung beras dan air 1-2 gelas direbus. Cairan ini diminum 2 kali sehari. Dapat juga 3 lembar daun jambu biji muda yang segar dikunyah dengan sedikit garam lalu ditelan. Lakukan sehari 2 kali.
2) Sariawan
Rebus 1 genggam daun jambu biji segar ditambah 1 jari kulit batangnya dengan 1 liter air. Saring dan minum air rebusan ini 2 kali sehari.
3) Luka berdarah atau borok di sekitar tulang
Lumatkan daun jambu biji segar. Tempelkan lumatan daun ini di tempat yang sakit. Lakukan beberapa kali sehari.
4) Kencing manis
Ambil 1 buah jambu biji yang masih mengkal dan dipotong-potong, kemudian direbus dengan 3 gelas air hingga tinggal 1 gelas. Saring terlebih dahulu sebelum diminum 2 kali sehari.
5) Ambeien
Ambillah beberapa lembar daun jambu batu muda atau pucuknya ditambah sebuah pisang batu. Kedua bahan dicuci bersih. Pisang batu tak perlu dikupas. Tumbuk keduanya. Air perasannya ditampung lalu diminum. Lakukan setiap hari secara teratur. Walaupun rasa sakit sudah hilang tetap minum air tersebut supaya benar-benar sembuh.
6) Kembung pada anak-anak
Petik 3 lembar daun jambu biji yang masih muda dan segar. Rebus dengan 2 cangkir air bersama 1/2 jari kulit batang pulosari dan 5 butir adas. Perebusan dilakukan hingga air tinggal 1 cangkir saja. Sebelum diminum sebaiknya air disaring. Anak berumur 3 tahun dapat diberi cairan ini sehari 3 kali sebanyak 2 sendok makan, anak yang lebih tua diberi sehari 1 cangkir.

Obat Alami untuk Darah Tinggi

Tekanan darah tinggi atau hipertensi berhubungan erat dengan meningkatnya serangan jantung dan stroke. Penyebab tekanan darah tinggi ini antara lain adanya pengerasan dan penyumbatan arteri. Pembuluh darah yang sakit menjadi sempit, sehingga jantung memerlukan tekanan yang lebih besar untuk memompa darah ke pembuluh darah.

Beberapa obat alami yang kandungannya dapat mengurangi bahkan mengobati penyakit darah tinggi ini antara lain:

1. Daun Salam (Syzigium polyanthum)
Khasiat : menurunkan koesterol dan tekanan darah tinggi, menurunkan kadar gula darah tinggi.

2. Rumput Laut (Laminaria japonica)
Khasiat : menormalkan tekanan darah, menurunkan kolesterol tinggi, mencegah aterosklerosis.

3. Ketimun
Khasiat: Kadar mineral potassium yang tinggi berguna untuk mengurangi tekanan darah yang tinggi, serta berguna juga untuk mengurangi batu ginjal

4. Blewah
Khasiat: Sama dengan ketimun yang kaya akan kandungan potassium, baik untuk mengurangi tekanan darah tinggi dan juga baik untuk masalah ginjal/kandung kemih
Beberapa buah/tumbuhan yang mempunya kandungan sama dengan ketimun/blewah: peach atau persik, strawberi, raspberi, daun turnip dan wheat grass.

5. Mengkudu (Morinda citrifolia L.)
Khasiat : menurunkan kolesterol tinggi, menurunkan tekanan darah tinggi, menurunkan kadar gula darah

6. Temu Hitam (Curcuma aeruginosa Roxb.)
Efek : melancarkan sirkulasi dan mencairkan gumpalan darah, menetralkan racun dalam tubuh.

7. Bawang Putih
Khasiat: menurunkan tekanan darah tinggi dan kolesterol tinggi, menghancurkan penggumplan darah

8. Bawang Bombay
Khasiat: Mempunyai khasiat yang sama dengan bawang putih

5 Tumbuhan Berkhasiat

Lima tumbuhan berikut ini tergolong ke dalam tumbuhan obat yang memiliki khasiat penyembuhan terhadap berbagai penyakit dan sedikit memiliki efek samping yang saat ini mendapatkan perhatian banyak orang.


Labu (Momordica charantia L.)

Labu dikenal dengan nama fukwa di Cina, karela di India, nigai uri di Jepang , bitter melon di AS dan ampalaya di Filipina. Buah ini memiliki khasiat mengobati penyakit diabetes, kolesterol tinggi, sembelit, hipertensi, masalah hati dan empedu. Dalam beberapa penelitian menunjukkan labu sebenarnya dapat meningkatkan produksi sel beta oleh pancreas dan meningkatkan kemampuan tubuh menghasilkan insulin.


Bawang putih (Allium sativum L.)
Bawang putih telah lama digunakan sebagai antiseptik selama Perang Dunia I untuk mencegah infeksi dan membantu menutup luka. Jus bawang putih digunakan di rumah sebagai pengobatan terhadap asma, batuk, serak dan kelainan paru-paru. Dalam Super Anti-Oxidants, penulis Dr James Balch menyebut bawang putih sebagai salah satu sumber antioksidan . Ia mengatakan bawang putih dapat menurunkan tekanan darah, meningkatkan sistem kekebalan, menyeimbangkan gula darah, mencegah penyakit jantung, membantu metabolisme lemak dan mencegah kanker.


Wortel (Daucus carota L.)

Wortel dapat membantu menyembuhkan sembelit, asma, masalah gigi, insomnia dan tekanan darah tinggi bahkan juga dapat membantu memperbaiki penampilan rambut dan kuku, penglihatan, mengobati sakit saat buang air kecil, meningkatkan aliran saat menstruasi dan menjaga kulit tetap sehat. Cara terbaik menikmati manfaat wortel dengan memakan mentah.


Jahe (Zingiber officinale Roscoe)

Jus jahe biasanya digunakan rumah tangga untuk pengobatan flu dan pilek, aman bagi anak-anak sekalipun dikonsumsi dalam jumlah banyak. Jahe juga mencegah mual, mabuk, migrain, batuk, demam, infeksi virus, kembung dan kram perut. Tetapi tidak hanya itu, penelitian di Jepang mengungkapkan konsumsi jahe dapat membuat kepadatan jantung lebih kuat. Menurunkan denyut jantung dan tekanan darah 10 sampai 15 mm Hg. Bahkan peneliti India menemukan jahe dapat membuang lemak baik dalam darah ataupun hati.


Cabe rawit (Capiscum frutescens L.)

Cabe rawit adalah salah satu jenis cabe yang paling pedas. Cabe ini terbukti membantu mengobati tekanan darah tinggi dan kelainan perncernaan dan menjadi pembersih bagi sistem pencernaan. Cabe ini juga mengandung hemostat, suatu jat yang dapat menghentikan aliran darah saat luka, dan juga antiseptik.

Daun-Muda Jambu Biji Menyembuhkan Perut Melilit

Daun muda jambu biji ternyata memiliki khasiat menyembuhkan perut melilit dengan mencapurkan sedikit garam.

Resep
1. Cara menyiapkan:
- Cuci bersih 3-5 lembar daun-muda jambu biji;
- Beri sedikit garam di atas lembaran daun tersebut, lalu gulung.

2. Aturan Pakai:
- Minum obat di atas 2 kali sehari hingga sembuh.

Teh Pekat Menghilangkan Diare

Ternyata meminum teh pekat itu bisa menghilangkan diare

Resep
1. Cara menyiapkan:
- seduh 1/2 gelas teh yang pekat (kental) sehingga terasa cukup pahit.

2. Aturan pakai:
- minum teh tersebut 1-2 kali sehari hingga sembuh.

Apel Malang Berkhasiat Atasi Kolesterol

Jangan tidak acuh bila badan anda terasa pegal-pegal dan sering mengantuk padahal anda tidak melakukan aktivitas berat yang melelahkan. Ditambah lagi, anda kurang menjaga pola makan. Coba periksakan, jangan-jangan kadar kolesterol dalam darah anda melebihi batas normal!

Tapi, jangan terlalu khawatir juga, karena herbal memberi solusi lagi kali ini :) Bukan apel Malang Manalagi yang terasa manis. Tapi apel Malang yang rasanya kecut ternyata memiliki khasiat mengatasi kolesterol, begitu kata seorang ibu rumah tangga yang rutin minum air rebusan apel Malang sejak dinyatakan oleh hasil lab. bahwa kadar kolesterolnya tinggi.

Resep
- rebus 3 buah apel Malang ukuran sedang di dalam 2 gelas air;
- rebus terus hingga tersisa 1 gelas.

Aturan Pakai
- minum 1 gelas air rebusan apel Malang tersebut tiap pagi dan sore hari.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar